Sunday, July 31, 2005

AGENDA GERAKAN DI MASA TRANSISI

By: Indra Kusumah SKL

Kepada para mahasiswa yang merindukan kejayaan

Kepada rakyat yang kebingungan di persimpangan jalan

Kepada pewaris peradaban yang telah menggoreskan

Sebuah catatan kebanggaan di lembar sejarah manusia

Kawan-kawan mahasiswa ...

Hampir sewindu gerakan reformasi ternyata Indonesia tidak berubah ke arah yang lebih baik. Reformasi mati suri: KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) merajalela, penindasan dan kesewenang-wenangan terhadap rakyat masih terjadi di mana-mana. Teramat banyak masalah kebangsaan yang membutuhkan partisipasi dan kontribusi mahasiswa untuk menyelamatkan bangsa ini untuk segera keluar dari masa transisi demokrasi.

Tidak hanya itu, di Universitas Padjadjaran pun bukan berarti sepi dari masalah. Rencana UNPAD menjadi BHPT merupakan masalah krusial yang perlu disikapi. UNPAD-pun sedang dalam masa transisi yang akan sangat menentukan masa depan almamater tercinta, apakah menuju profesionalisme lembaga atau justru komersialisasi pendidikan?

Oleh karena itu, kita perlu menyusun Agenda Gerakan Mahasiswa UNPAD di masa transisi ini, baik dalam skala makro maupun skala mikro. Setidaknya ada beberapa tawaran agenda utama Gerakan Mahasiswa Universitas Padjadajaran:

Agenda Nasional, Regional dan Lokal

Agenda ini berkaitan dengan permasalahan Nasional maupun level Jawa Barat dan Kota/Kabupaten sekitar Universitas Padjadjaran

· Revolusi Pemberantasan Korupsi (Asas Pembuktian Terbalik, Perlindungan Saksi Pelapor, Tuntutan ganda dengan Money Laundry, Hukum mati koruptor dll)

· Revolusi Pendidikan Indonesia (Realisasi min 20% APBN dan APBD untuk pendidikan, Tolak RUU BHP yang sarat nuansa komersialisasi dan kapitalisasi pendidikan, Pendidikan sebagai Leading Sector pembangunan Indonesia dll)

· Tolak Perpres 36/2005 tentang Pengadaan Tanah untuk Kepentingan Umum

· Pemberantasan Penyakit Masyarakat

Agenda Kampus

Agenda ini berkaitan dengan masalah internal kampus UNPAD. Pertemuan BEM UNPAD dan BEM Fakultas Se-Universitas Padjadjaran menyepakati Empat Tuntutan Mahasiswa yang menjadi Agenda Internal Gerakan Mahasiswa Universitas Padjadjaran:

· Tolak Komersialisasi Pendidikan di Universitas Padjadjaran

· Laksanakan Prinsip ”Dari, Oleh dan Untuk Mahasiswa” dalam pengelolaan Lembaga Kemahasiswaan

· Optimalkan Pelayanan terhadap kebutuhan mahasiswa Universitas Padjadjaran (Fasilitas dll)

· Libatkan Mahasiswa dalam pengambilan kebijakan di Universitas Padjadjaran

Agenda Insidental

Agenda ini berkaitan dengan permasalahan-permasalahan baru yang perlu disikapi oleh mahasiswa sebagai wujud advokasi terhadap permasalahan-permasalahan masyarakat, diantaranya:

· Tolak Pemberlakuan TPST Bojong

· Masalah pendirian Mall di kawasan Pendidikan (Jatinangor Town Square dan Padjadjaran Plaza)

· Dan lain-lain

Tulisan ini baru awal. Selanjutnya Saya akan menjelaskan masing-masing Agenda Gerakan Mahasiswa UNPAD ini dalam tulisan-tulisan selanjutnya. Saya juga berharap masukan dan kritik konstruktikf dari rekan-rekan mahasiswa...

Kesadaran yang komprehensif, soliditas dan sinergisitas berbagai elemen merupakan prasyarat kesuksesan agenda-agenda di atas. Mari kita himpun potensi terserak. Bersatu sehati tuntaskan perubahan....

Wahai mahasiswa Universitas Padjadjaran....

Perjuangan telah dimulai.....

Salam Revolusi.....!

No comments: